cappadocia-turkey
Travel

Ada Apa di Cappadocia, 3 Destinasi Ini Bikin Terpesona

FWB – Melihat balon udara, barangkali itu yang ada di kepala ketika mendengar Cappadocia. Padahal pesona negara yang terletak di perbatasan Eropa Asia ini begitu banyak loh, saya sendiri mendambakan Turki inginnya sambil umroh suatu hari nanti, dibantu aminkan ya biar bisa cerita juga di sini.

Menyoal sejarah, Turki juga bisa jadi destinasi pilihan karena sejarah kekaisaran Bizantium dan Kesultanan Utsmaniyah, Turki juga negara yang kental dengan campuran budaya Timur dan Barat sehingga diperkenalkan sebagai jembatana antara dua peradaban. Gimana makin ingin ke Turki kan ?

Ada Apa di Turki

Jika ditanya, ada apa di Turki? Jawabannya tentu saja banyak. Tapi izinkan saya menuliskan tempat yang ingin saya dan anak-anak kunjungi di Turki spesificly, Cappadocia. Sering membacanya membuat saya justru kian terpesona. Mari coba kita tuliskan saja informasi berbalut mimpi ini di sini :

Menginap di Cave Hotel

menginap di Cappadocia
cave hotel – foto by tripadvisor

What if ke Cappadocia dan menginapnya di Cave Hotel karena akan jadi pengalaman indah yang takkan bisa kamu lupa. Adalah Cave Hotel, salah satu hotel tradional dengan bentuk goa hasil pahatan dari putih khas Goreme. Pasti menyenangkan untuk mencoba bermalam di sini.

Di  Cave Hotel ini kita bisa merasakan nuansa Romawi Kuno, berasa di zaman kekaisaran Romawi. Salah satu alasan lain adalah pemandangan yang bakal bikin berdecak kagum, melihat indahnya balon udara warna warni yang menghiasi wilayah Cappadocia. Menuliskan ini saja membuat saya yakin ketika mengintip pemandangan dari Cave Hotel ini, saya pasti enggan berkedip atau justru malah menangis haru. Masyaallah !

Cappadocia

menaiki hot air baloon
Hot air ballon Cappadocia – Foto by Travel Detik

Land of Fairy Chimney alias Daratan Cerobong Peri, sebutan untuk Cappadocia yang memiliki landscap berupa bebatuan yang terbentuk dan menciptakan hasil pahatan alam yang mirip cerobong. Bentuknya sendiri begitu unik, ada yang menyerupai jamur, kerucut, topi hingga bentuk runcing. Pas sekali dengan sebutannya,  Land of Fairy Chimney. 

Jangan melewatkan juga menaiki Hot Air Ballon di tempat ini, kebayang kan ya bisa menikmati pemandangan Cappadocia dari sudut terbaik. Penerbangan ini tak selalu bisa dilakukan ya, bergantung pada kondisi cuaca. Dari yang baca soal naik balon udara ini ternyata salah satu tipsnya adalah menukarkan uang Lira dengan Euro untuk mempermudah pembayaran, lalu sebaiknya dilakukan di awal kedatangan ke Cappadocia, karena penerbangan dengan Hot Air Ballon ini sangat tergantung pada cuaca, jadi jika gagal terbang di hari pertama, setidaknya bisa mencoba keesokan harinya.

Mandi Lumpur di Katpatuka

Jika sedang traveling, saya ingin mencoba hal-hal yang tak biasa. Termasuk di dalamnya adalah mencoba mandi lumpur yang terkenal di Katpuka Cappadocia. Meski terdengar menggelikan, saya tetap ingin mencobanya, apalagi ini katanya bukan lumpur biasa, melainkan lumpur bersih, air lumpur ini juga memberikan sensasi hangat dan punya beberapa manfaat seperti meredakan stress, melancarkan sirkulasi darah, sampai digadang bisa mempercantik kulit.

Hayo, mau coba ga ?

Menjajal Pottery Kebab

kebab tembikar makanan khas turki cappadocia
Pottery Kebab, foto by : willflyforfood.net

Jauh – jauh ke Turki mau makan kebab? Iya dong, mimpi kan harus tinggi dan ini sama sekali tidak konyol. Menikmati kuliner khas sebuah negara di negaranya langsung adalah hal lain menurut saya. Seperti makan pizza di Italia langsung, pasti beda.

Adalah Pottery Kebab yakni kebab tembikar, daging yang digunakan sudah dicampur dengan rempah sehingga rasanya pasti beda lha wong masaknya juga di dalam tembikar. Dan bisa dibilang ada sensasi pertunjukannya, karena setelah daging dan roti matang, tembikar akan dibelah atau dipecahkan  di atas piring. Woah, menarik ya!

Bagaimana dengan minumannya? Ada beberapa minuman khas Turki juga yang bisa dicicipi, saya pribadi paling penasaran dengan minuman Boza, yang merupakan minuman fermentasi khas Turki dengan bahan utama gandum putih yang difermentasi, rasanya asam dan manis. Menariknya, minuman Boza ini disajikan dengan topping kacang Chickpea dan kayu manis yang akan menambah rasa, ( wih ngiler deeh ).

Kesimpulan

Ada banyak lagi sebenarnya tempat yang bisa didatangi di Cappadocia, akan lebih afdol jika dijajal langsung baru dituliskan di sini ya kan hehe. Menuliskan tempat wisata atau negara yang ingin dikunjungi bikin saya semangat untuk bekerja, berdoa dan tentu saja menjaga kesehatan, jika Allah mengizinkan tentu suatu hari tempat yang saya damba ini bisa menjadi nyata, aamiin.

Teman-teman yang sudah pernah ke Cappadocia, boleh banget juga berbagi ceritanya atau mengoreksi jika ternyata ada hal yang keliru ya, maklum ini dari hasil bacaan saja dengan harapan semoga bermanfaat juga untuk teman-teman dengan mimpi yang sama.

 

 

 

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.